MENULIS SETIAP HARI

 MENULIS SETIAP HARI KBMN PGRI



Resume Ke - : 1

Gelombang : 29

Hari/Tanggal : Senin/ 19 Juni 2023

Tema : Menulis Setiap Hari

Nara Sumber : Dr. Wijaya Kusumah,M.Pd


Alhamdulillah …malam ini bisa mengikuti kelas perdana KBMN PGRI gelombang 29. Acara dibuka tepat pukul  19.00 WIB oleh moderator kita yaitu Bunda Raliyanti. Beliau menyampaikan secara detail biodata sang nara sumber . Selesai acara perkenalan ,muncullah sang nara sumber tersebut.

Beliau adalah Dr. Wijaya Kusumah,M.Pd yang biasa akrab dipanggil “Om Jay”. Bagi setiap orang termasuk aku , Om Jay adalah orang yang sangat inspiratif. Setelah aku  baca lebih detail lagi ternyata beliau adalah the founding father dari KBMN ini. Betapa bahagiaya  aku bisa mengenal Om Jay .

Dalam kesempatan kali ini om Jay menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan menulis. Menurut beliau menulis dan membaca itu ibarat makan dan minum. Jika lama tidak mengerjaknnya maka akan merasa lapar dan haus. Hal ini membuat aku semakin kepo untuk bisa memotivasi diri ini bisa menulis. Apalagi Om Jay menyampaikan “Menulislah walau tanpa ide”. Hal ini membuat aku semakin kepo. 

Sekilas saya baca buku karya beliau “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.”

Menurut beliau menulis harus dimulai dari yang mudah dulu. Setapak demi setapak  yang akhirnya bisa mencapai puncak. Tulislah apa yang kita kuasai. Carilah waktu waktu yang tepat agar bisa mengeluiarkan ide ide menulis. Hilangkan rasa malas. Jangan takut untuk mencoba. Apabila kita tidak bisa menulis maka kita harus banyak membaca. Ibarat penyakit ,membaca adalah obat penyembuh agar kita bisa menulis. Menulis setiap hari adalah latihan untuk menggapai impian. Ya..impian menjadi penulis yang berpenghasilan. Namun pada tahap awal jangan pikirkan tentang penghasilan itu. Beliau juga menyampaikan bahwa bagi pemula menulislah cukup 3 alinea (pembukaan,isi,penutup).Menulislah setiap hari tiada henti. Begitulah sekilas informasi yang aku baca dalam buku beliau. Setelah baca sekilas buku karya beliau, aku kembali ke kelas latihanku.

Bunda Raliyanti membuka sesi Tanya jawab. Banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Om Jay menjawab semua pertanyaan dengan cepat dan mudah aku pahami. Semakin aku membaca pertanyaan dan jawaban dalam sesi ini ,semakin  banyak ilmu yang aku dapatkan . Semakin aku membaca semakin aku bimbang juga apa yang harus aku tulis. Akhirnya aku memberanikan diri untuk meyelesaikan resume ini semampu aku.

Diakhir kelas Bunda Raliyanti menutup sesi kelas ini dan mengingatkan untuk mengisi daftar hadir serta menyampaikan link pengumpulan resume.

Demikianlah kelas perdanaku. Aku berharap kelas kelas berikutmnya akan membuatku lebih bersemangat lagi.  

Memang nikmat minum wedang,apalagi wedang jahe.

Malam ini aku sangat senang,karena terinspirasi oleh Om Jay.

Kisah kasih di sini, terima kasih Bunda Raliyanti.



Oleh : Anis Pujiastutik


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK PENULISAN RESUME

BLOG sebagai MEDIA PEMBELAJARAN